Review Sony Alpha 77 | REGI CELLULER

Review Sony Alpha 77. REGI CELLULER: Review Sony Alpha 77


ponsel, seluler, telepon, telekomunikasi, hp, handphone, Nokia, Blackberry, Samsung, Lampung Utara

Review Sony Alpha 77

Minggu, 20 Mei 2012


Teknologi Translucent mirror pada kamera SLT Sony memang menawarkan banyak keunggulan. Setelah menuai keberhasilan dengan jajaran kamera SLT kelas entry dan menengahnya, kini Sony membidik segmen para fotografer profesional dengan menghadirkan Sony Alpha A77 yang menduduki peringkat teratas jajaran kamera SLT Sony.

Konsep & Desain


Kokoh dan sangat mantap dalam genggaman. Itulah kesan saya ketika pertama kali memotret dengan Sony Alpha A77. Bodi kamera ini menggunakan bahan magnesium alloy dan plastik, menawarkan ketahanan yang lebih baik dibandingkan kamera SLT Sony yang menggunakan bahan plastik untuk bodinya. Dari segi ergonomi, desain grip yang besar membuatnya sangat nyaman untuk digenggam dan tidak licin di tangan. Semua itu berkat permukaan bodi yang hadir dengan tekstur kulit jeruk anti licin.


Pada bagian belakang Anda akan menemukan sebuah OLED elektronik viewfinder dengan tampilan yang sangat jelas, layar LCD fleksibel berukuran 3-inci berteknologi Trublack yang dapat diatur sudutnya kesegala arah dan sederetan tombol-tombol untuk bernavigasi.



Jumlah tombol yang disertakan memang cukup banyak dan mungkin akan membingungkan bagi yang belum mengenalnya. Namun begitu sudah menguasainya, Anda akan dapat mengatur berbagai setting dengan lebih cepat dibandingkan harus mencari menu seperti kamera DSLR kelas pemula.

Tombol-tombolnya hadir dengan ukuran yang besar dan sangat nyaman untuk digunakan. Bagi yang memiliki ukuran jari besar dijamin tidak akan menemukan masalah saat mengoperasikannya. Untuk memudahkan Anda menavigasi menu, kamera ini juga dilengkapi dengan sebuah joypad yang dapat digunakan untuk mengakses menu pengaturan dan mempercepat pemilihan titik fokus ketika memotret. 


Masih bicara soal tombol, Sony melengkapinya dengan tombol putar mungil untuk pengaturan mode autofokus di bagian depan. Dengan tombol putar ini, Anda dapat dengan mudah memilih penggunaan mode autofokus sesuai dengan kondisi pemotretan. Fitur inilah yang membuat Sony Alpha A77 berbeda dengan kamera DSLR dari produsen lain dan seri SLT kamera Sony yang telah dirilis sebelumnya.

Pada bagian samping kiri tersedia beberapa port konektivitas meliputi flash sync, external mic, port remote dan port HDMI. Untuk mengetahui posisi yang tepat saat Anda mengambil gambar, kamera ini juga telah dilengkapi modul GPS di dalamnya. 

Sedangkan untuk bagian samping kanan, hanya tersedia sebuah slot untuk kartu memori, yang kompatibel dengan kartu memori SD,SDHC, SDXC, dan MemoryStick Pro Duo. Untuk bagian bawahnya, hanya tersedia lubang dudukan tripod dan slot baterai.
Fitur
Sony ALpha A77 dilengkapi beberapa opsi pengambilan gambar seperti Picture Effect dan Creative Style, yang cocok bagi fotografer pemula. Untuk Picture Effect, ada pilihan Toy, POP, Posterization, Retro, soft light key, partial color, high contrast mono, softfocus, HDR painting, rich tone dan miniature. Sedangkan untuk opsi Creative Style, terdapat efek Standard, Vivid, Netral, Portrait, Landscape dan B/W. Bagi yang gemar memotret foto panorama, Anda juga masih dapat menikmati fitur Sweep Panorama dan Sweep Panorama 3D untuk menghasilkan foto panorama dengan mudah.

Efek miniatur pada kamera Sony Alpha A77

7194991950 0232422fa2 z Review Sony Alpha 77 review kamera dslr foto video


Performa
Di balik bodi besarnya, Sony Alpha A77 dilengkapi dengan sensor CMOS EXMOR HD berukuran APS-C yang memiliki resolusi 24.3 megapixel. Dengan teknologi EXMOR R, kamera ini terbukti handal saat digunakan memotret di bawah kondisi minim cahaya. Teknologi Translucent Mirror juga membuatnya mampu mengabadikan aksi-aksi cepat dengan kecepatan 12 frame per detik pada resolusi penuh, lebih baik dari Sony Alpha A65 yang hanya 10 frame per detik. Kecepatan ini menyejajarkannya dengan kamera DSLR lain seperti Canon 1Ds Mark IV yang kerap digunakan sebagai kamera fotografer olahraga.

Pilihan setting ISO yang disediakan juga cukup memadai, mulasi dari 50 hingga ISO 16000. Tersedia juga opsi Multi-shot NR mode andalan Sony, yang secara otomatis mengambil beberapa gambar dan mengolahnya untuk menghasilkan satu gambar dengan noise yang minim. Untuk performa ISO-nya, Sony Alpha A77 terbilang sangat baik. Dari ujicoba yang dilakukan, noise baru jelas terlihat mulai dari ISO 6400. Jadi jika Anda memotret dengan ISO di bawah 6400, hasil foto dari Sony Alpha A77 masih dapat diandalkan dengan hasil foto yang cukup tajam, warna yang akurat dan relatif minim noise. Untuk melihat perbandingan ISO, Anda dapat melihat foto berikut ini.

Test ISO dengan opsi Multi-shot NR mode:
7194997546 3499449397 z Review Sony Alpha 77 review kamera dslr foto video
Pengambilan gambar juga semakin mudah dengan kamera ini. Pasalnya, Sony Alpha A77 telah dilengkapi dengan 19 titik fokus untuk mempermudah Anda menentukan fokus pada objek. Performa autofokus amat cepat dan nyaris tidak ada jeda yang kentara, bahkan pada saat kondisi cahaya yang kurang ideal.
Performa di kondisi minim cahaya (low-light):
7195077284 a6f44cd05e Review Sony Alpha 77 review kamera dslr foto video

Sony Alpha 77 tidak hanya handal untuk memotret, namun juga untuk merekam video. Bagi Anda yang ingin membuat film pendek, kamera ini bisa merekam video dengan resolusi 1080p atau Full HD. Kami terkesan dengan hasil videonya yang sangat tajam dan minim noise. Sistem autofokusnya juga dapat menemukan fokus dengan sangat cepat dan akurat meski pengambilan video dilakukan pada kondisi cahaya yang cukup minim. Berikut cuplikan videonya.


Lensa Kit
Dalam paket pembeliannya, Sony Alpha A77 dipaketkan bersama sebuah lensa Sony 16-50mm berdiafragma F/2.8. Ini membuat Sony Alpha A77 cukup berbeda dengan kamera SLT Sony lainnya yang biasanya hadir dengan lensa 18-55mm standar. Rentang focal 16-50mm membuat lensa kit ini sangat ideal untuk diajak memotret untuk berbagai keperluan, mulai dari yang membutuhkan sudut pengambilan yang lebar seperti memotret landscape, interior, arsitekur bangunan hingga portrait. 

Memotret interior ruangan:
7195088544 f291220c2b Review Sony Alpha 77 review kamera dslr foto video

Pada posisi 16mm saya mencobanya untuk memotret interior ruangan. Hasilnya sangat baik, lensanya dapat menghasilkan foto yang tajam dan distorsi yang sangat minim. Selanjutnya kami mengamati hasil bokeh yang dihasilkan pada setting diafragma f/2.8. Pada kondisi di dalam ruangan dengan bukaan yang lebar ini, hasil fotonya patut dibanggakan. Foto yang dihasilkan tetap tajam dengan tingkat kontras dan akurasi warna yang akurat. Bokeh (atau bagian blur) di belakang obyek juga amat baik, dengan blur yang terlihat sangat halus dan memikat.

Test Bokeh:

7195102360 25edb3c6cf Review Sony Alpha 77 review kamera dslr foto video

Kesimpulan
Sebagai lini teratas dari jajaran kamera SLT Sony, Sony Alpha A77 memang memiliki segalanya. Dengan Sony Alpha A77, Anda mendapatkan kamera yang mampu menghasilkan foto dan video yang tajam dan minim noise serta sistem autofokus ekstra cepat dengan 19 titik fokus yang akurat. Kehandalannya pada kondisi minim cahaya juga tidak perlu diragukan ljagi. Lensa yang disertakan dalam paketnya, 16-50mm f/2.8, dijamin akan membantu Anda menghasilkan foto-foto keren dan jauh lebih baik dibandingkan dengan lensa kit standar 18-55mm yang memang harganya lebih murah. Bodi yang tangguh dan agak berat juga menjanjikan ketahanan ekstra saat Anda menggunakannya dalam kondisi yang kurang bersahabat.

Jika ada yang terasa agak mengganjal, mungkin terletak pada harganya. Dengan mengeluarkan dana Rp 22.399.000 (harga A77 beserta lensa 16-50mm), Anda bisa mendapatkan kamera DSLR Full-Frame. Tentunya tidak semua orang membutuhkan kamera DSLR Full-Frame, tapi harga ini juga patut diperhitungkan.

Menurut kami, Sony Alpha A77 dapat diandalkan bagi fotografer yang membutuhkan kecepatan seperti fotografer pernikahan atau fotojurnalis olahraga. Namun, di luar profesi itu dan jika harga tidak menjadi masalah, Sony Alpha A77 akan memuaskan Anda sebagai kamera DSLR kelas menengah yang handal, cepat, kaya fitur, mudah digunakan dan ergonomis, yang dikemas dalam satu paket pintar dengan lensa berkualitas.

Kelebihan:
+ Bodi kokoh dan sangat nyaman digenggam
+ Layar yang dapat diputar, memudahkan mengambil foto dari sudut yang sulit
+ 12 Fps Continuous Shoot pada resolusi penuh 24.3 megapixel menyejajarkannya dengan kamera lain yang lebih mahal
+ Noise minim di ISO tinggi
+ Hasil video yang sangat baik di kondisi minim cahaya
+ Autofokus cepat dan akurat
+ Auto White Balance cukup akurat
Kekurangan:
- Harga relatif premium, nyaris sama dengan kamera Full-Frame
- Belum Full Frame (bagi sebagian orang)
Alternatif lain: Canon EOS 7D, Canon EOS 5D Mark II, Nikon D700, Nikon D800, Sony Alpha A850





Label:

Lampung Utara
Share   ikutiREGI CELLULER

Mau punya bisnis penjualan pulsa elektronik dengan harga murah untuk semua operator dan penjualan token PLN prabayar? Pendaftaran gratis, deposit mudah dan ringan, bisa mendaftarkan downline sendiri, proses transaksi cepat dan aman. KLIK DISINI untuk informasi yang lebih lengkap.

artikel terkait :


Judul Artikel : Review Sony Alpha 77
Alamat URL : http://regicelluler.blogspot.com/2012/05/review-sony-alpha-77.html

1 Komentar pada posting "Review Sony Alpha 77"
Komentar pada artikel "Review Sony Alpha 77" ini bukan mewakili pendapat admin REGI CELLULER, tapi merupakan pendapat dan keinginan pribadi dari pembaca yang mencantumkan komentar dimaksud.

Anonymous The Photographer Indonesia :

"terimakasih informasinya gan, salam kenal dari saya yaa,,
thank you :)"

Ditulis pada : 13 Januari 2014 14.39  

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik dan benar. Insya' Allah Anda bisa masuk surga.

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda