Ponsel Android Pertama Samsung | REGI CELLULER

Ponsel Android Pertama Samsung. REGI CELLULER: Ponsel Android Pertama Samsung


ponsel, seluler, telepon, telekomunikasi, hp, handphone, Nokia, Blackberry, Samsung, Lampung Utara

Ponsel Android Pertama Samsung

Kamis, 26 Januari 2012
Ponsel Android Pertama Samsung
Kali ini pengen sedikit membahas mengenai samsung yang mengeluarkan Ponsel Android pertamanya. Tapi sebelum melangkah lebih jauh, mungkin ada beberapa readers yang masih bingung atau belum pernah mendengar Android. Maka akan saya bahas satu persatu.

A. APA ITU ANDROID?

Prototipe ponsel pertama yang menggunakan platform software Android yang dikembangkan Google memulai debutnya dalam ajang Mobile World Congress di Barcelona, Spanyol, pada tanggal 11 Februari 2008. Prototipe ponsel yang menggunakan Android dipamerkan untuk pertama kalinya oleh sejumlah perusahaan pengembang teknologi seperti ARM, Marvell, Texas Instruments, Qualcomm, T-Mobile, ST Microelectronics.

Mungkin ada yang bingung? apa itu android? jenis makanan apa pula itu?
Android merupakan platform software yang didesain untuk meningkatkan pengalaman menggunakan internet di ponsel. Platformnya berbasis open source sehingga bebas dikembangkan siapa saja.




Android berjalan di atas Linux kernel 2.6 yang bertindak sebagai lapisan abstraksi antara hardware dan software yang berjalan di atasnya.
Fitur yang dimiliki oleh Android yaitu:
* Application framework
* Dalvik virtual machine
* Integrated browser
* Optimized graphics
* SQLite
* Media support
* GSM Telephony
* Bluetooth, EDGE, 3G, and WiFi
* Camera, GPS, compass, and accelerometer
* Rich development environment
Aplikasi yang dikembangkan untuk platform Android ditulis dengan bahasa pemrograman Java.

Google telah memelopori kelompok perusahaan pengembang yang diberi nama Open Handset Alliance bersamaan dengan peluncuran Android November 2007 lalu. Sejumlah operator dan perusahaan telekomunikasi sudah bergabung dalam kelompok ini, antara lain China Mobile, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, Telefonica, LG, dan eBay.

Google berharap dengan standar open source yang dapat dikembangkan bersama-sama dalam komunitas, Android dapat mendominasi pasar ponsel dunia. Sejumlah analis memprediksi, jika Android menjadi standar software ponsel, Google akan menguasai pasar layanan pencarian data dan iklan melalui ponsel.

B. PONSEL ANDROID PERTAMA



T-Mobile memperkenalkan G1, ponsel pertama yang diklaim menggunakan Google Android OS. Ponsel tersebut dilengkapi dengan sebuah keyboard QWERTY dan memiliki akses ke Google Maps Street View, Gmail, YouTube, dan layanan online lain milik Google.
T-Mobile menyediakan G1 untuk para pelanggannya mulai 22 Oktober 2008 seharga US$ 179 dengan kontrak 2 tahun berlangganan. Ponsel tersebut mampu mengakses jaringan 3G dan EDGE. Sementara itu, T-Mobile untuk kawasan Eropa baru bisa menyediakan G1 sejak awal tahun 2009.

C. PONSEL ANDROID PERTAMA SAMSUNG



Vendor ponsel terbesar kedua dunia asal Korea Selatan, Samsung akhirnya mengungkap smartphone pertamanya yang mengusung sistem operasi Google Android. Dengan demikian, Samsung menjadi perusahaan kedua yang bakal meluncurkan handset berbasis Android setelah HTC dengan ponsel G1.

Raksasa ponsel lainnya seperti LG, Sony Ericsson dan Motorola memang juga berencana mengadopsi Android. Namun sejauh ini belum ada tanda-tanda mereka akan meluncurkannya dalam waktu dekat.
Dengan merek I7500, handset Android ini rencananya bakal dijual mulai bulan Juni di Eropa. Samsung juga berniat membuat jenis handset Android lainnya yang kemudian akan dipasarkan di Amerika Serikat dan Asia pada paruh kedua tahun 2009 ini.

Berbagai fitur canggih pun dibenamkan Samsung pada I7500 yang berpotensi menarik minat para calon pembeli. Dengan layar sentuh seukuran 3,2 inch, handset ini memakai teknologi layar OLED yang menjanjikan tampilan visual yang bagus. Dengan versi Android terbaru, pengguna bakal dimanjakan dengan integrasi aplikasi semacam Google Search, Maps, Gmail ataupun YouTube.

Untuk soal mengabadikan foto, user tak perlu khawatir karena I7500 telah dibekali kamera 5MP dengan flash. Soal memori, handset yang bentuk fisiknya tampak elegan ini punya ruang sampai 8GB yang bisa diupgrade dengan kartu microSD.
Peluncuran Samsung Android ini tak pelak merupakan upaya Samsung untuk menjadi pemain utama di pasaran smartphone, menyaingi Apple yang mengandalkan iPhone maupun RIM dengan BlackBerrynya.

Well, setelah Samsung, mungkinkah vendor2 lain seperti nokia & Sony Ericsson yang udah terbiasa dengan Symbian, akan melirik? Menurut kabar Sony Ericsson sendiri sedang struggling akankah mereka juga pindah hati?

Label:

Lampung Utara
Share   ikutiREGI CELLULER

Mau punya bisnis penjualan pulsa elektronik dengan harga murah untuk semua operator dan penjualan token PLN prabayar? Pendaftaran gratis, deposit mudah dan ringan, bisa mendaftarkan downline sendiri, proses transaksi cepat dan aman. KLIK DISINI untuk informasi yang lebih lengkap.

artikel terkait :


Judul Artikel : Ponsel Android Pertama Samsung
Alamat URL : http://regicelluler.blogspot.com/2012/01/ponsel-android-pertama-samsung.html

0 Komentar pada posting "Ponsel Android Pertama Samsung"
Komentar pada artikel "Ponsel Android Pertama Samsung" ini bukan mewakili pendapat admin REGI CELLULER, tapi merupakan pendapat dan keinginan pribadi dari pembaca yang mencantumkan komentar dimaksud.

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik dan benar. Insya' Allah Anda bisa masuk surga.

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda